Senin, 20 April 2020

 Selasa 21 april 2020
Pembelajaran materi PAI kls Xl smk nuansa

Assalaamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh...
  Au'dzubillah. Bismillah. Alhamdulillah
Pertama tama mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat ilahi robby .allah swt..yg begitu memberikan kenikmatan kepada kita semuanya..mudah2n kita semua selalu ada dalam lindungannya..aamiin yra.
 Shalawat dan salam kita curahkan kepada baginda alam penegak keadilan nabi besar muhammad saw.
 Anak-anakku yang dirahmati allah swt..dan begitu sangat2 bapa cintai...
Seperti biasa sebelum masuk kemateri... bapa berharap kalian biasakan untuk selalu membaca doa mau belajar dilanjutkan dg mmbaca ASMAAUL HUSNA. Silahkan untuk berdoa dulu......... terima kasih mudah2n allah swt memberikan kemudahan kpd kita semuanya dalam segala urusan kita. Aamiin yra.
 Anak-anakku yg dirahmati allah...
MATERI HARI INI adalah kalian semua beri komentar dikolom komentar kaitan dg materi yg kalian sudah pelajari ttg khutbah....komentari oleh kalian dan berikan argumentasinya sesuai dg syariat agama ttg pelaksanaan khutbah khususnya shalat jumat yg sekarang ini kita tahu...tidak shalat jumat tp bisa diganti dg shalat dzuhur dan dilaksanakan dirumah masing2..dikarenakan wabah virus corona yg terjadi saat ini. PERTANYAANNYA:
1. Berikan komentarnya apa dasarmya sehingga kita harus ttp diam dirumah
2. Apa pendapatnya ttg khutbah

ITU AJA YG HARUS KALIAN KOMENTARKAN DIKOLOM KOMENTAR.
LIVE JAM 9
 BP BALES KOMEN KALIAN

akhirnya kita memohon kpd allah swt. Agar kita semua bisa menghadapi ujian ini. Dab allah angkat segera wabah virus corona ini .sehingga kita leluasa dan khusu dalm beribadah dibulan ramadhan. Marhaban yaa romadhon..... allahumma baariklana fii sya'bana waballigna romadhon wahassil maqoosidanaa... aamiin

WALLAAHUL MUWAFIQ ILA AQWABITTHORIQ WASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

72 komentar:

  1. Sri Rahayu
    Xl Otkp 6
    Hadirr pak

    BalasHapus
  2. Jawab:
    1.Dengan berdiam diri di rumah akan memutus transmisi penularan, karena kita tidak tahu kita terinfeksi atau tidak.
    2.khutbah adalah perkataan tersusun yang mengandung nasihat dan informasi

    BalasHapus
  3. Nurul Annisa XI otkp 5

    Jawab:
    1. Dapat merendam penyebaran virus yg sedang merajalela ini,dgn cara berdiam diri dirumah dapat menghimbau untuk menekan resiko penyebarannya. Selama berada dirumah kita dapat memperbaiki keuangan pribadi jg karena dapat membatasi berbagai macam rutinitas yang diluar rumah secara tidak langsung kodisi finansial kita akan lebih diatur walaupun tidak ada pemasukkan dari orang tua. Berada didalam rumah dapat mendekatkan diri kepada para keluarga serta bisa bersantai dan merilekskan pikiran,tubuh serta keadaan kondisi kita....
    2. Khutbah memiliki kedudukan yang agung dalam syariat Islam.khutbah jg merupakan perihal yg mengandung nasihat.

    BalasHapus
  4. Nama :novia dwi aryani (hadir pak)
    Kelas :XI-OTKP_8
    Jawab :
    1.Dalam kondisi darurat seperti yang kita hadapi sekarang ini kita memang diharuskan tetap dirumah saja agar memutuskan mata rantai penyebaran virus,karena jika kita terpapar virus itu dan kita tidak keluar rumah tetap didalam rumah selama 14hari,itu akan memutuskan mata rantai penyebaran virusnya.
    2.khutbah,merupakan kegiatan berdakwah/mengajak oranglain untuk meningkatkan kualitas takwa dan memberi nasihat yang isinya merupakan ajaran agama.

    BalasHapus
  5. 1.Diam di rumah merupakan salah satu perilaku yang sangat baik,dimana ketika kita diam di rumah kita bisa melakukan hal yang positif seperti,kita belajar bisa lebih tenang, sering ngobrol sama keluarga,kita juga dapat lebih sering mendekati diri kepada Allah SWT.Diam dirumah kita bisa terhindar dari virus yang saat ini sedang terjadi,maka dari itu pemerintah juga mengajurkan kita harus diam di rumah agar kita tidak tertular dan menular kan virus tersebut.

    2.khutbah merupakan proses penyampaian informasi tentang keagamaan Islam.khutbah dilakukan pada,solat Jum'at,solat idul Fitri,solat idul Adha,solat Istiqo,wukuf,dan nikah.8

    BalasHapus
  6. Novita aulia XI Otkp5

    Jawaban:
    1. dengan kita tetap diam dirumah secara tidak langsung kita membantu pahlawan garda terdepan yaitu tenaga medis,dengan diam dirumah dan tidak bertemu banyak orang juga kita bisa memutus rantai penyebaran virus corona karena kita tidak pernah tau virus itu hidup dimana dan orang mana yang telah terkena virus, jika kita terkena virus itu kita harus melakukan isolasi mandiri selama 14hari atau melakukan isolasi dirumah sakit, jadi kita tetap harus diam dirumah tidak kemana-mana dan kalaupun ada sesuatu yang mengharuskan untuk keluar rumah stay safe slalu pakai masker, sarung tangan, dan jaga jarak dengan orang sekitar.

    2. Khutbah adalah salah satu cara yang dipakai untuk mengkomunikasikan pesan

    BalasHapus
  7. Dita Maziyatul Aulia, XI OTKP 6. Hadir pak

    BalasHapus
  8. Nama : Dita Maziyatul Aulia
    Kelas : XI OTKP 6

    1. Kebijakan untuk tinggal di rumah adalah upaya termudah namun efektif dalam meredam kecepatan penularan Covid-19. Dengan semakin sedikitnya orang berkegiatan di luar rumah maka otomatis akan semakin sedikit peluang orang bertemu atau kontak dengan orang yang terinfeksi.
    2. Khutbah berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  9. Nama : Yulanda X1 Otkp 7
    Jawab :
    1. untuk menghindari penyebaran covid-19 sebaiknya tetap berdiam dirumah guna menghindari keramaian atau menjaga jarak fisik antar manusia dan menahan diri untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain.
    2. Khutbah merupakan kegiatan dakwah
    Yang bertujuan untuk mengajak orang lain untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan dgn memberi nasihat yg isinya berupa ajaran agama.

    BalasHapus
  10. Taufik Hidayatullah Xl OTKP 8
    Jawab:
    1.Karena adanya pandemi covid-19 ini mengharuskan kita untuk berdiam diri dirumah sesuai anjuran pemerintah, dengan cara ini kita dapat mencegah penyebarannya yang begitu cepat, maka untuk itu patuhilah aturan yang sudah ada.
    2.Khutbah, secara harfiah berarti ceramah atau pidato. Dalam fikih, khotbah diartikan dengan pidato dari seorang khotib yang diucapkan di depan jamaah sebelum shalat jum’at atau setelah shalat Id. Khutbah berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    Khutbah yang ada dalam agama Islam seperti khotbah idul fitri, khutbah iedul adha, khotbah jum’at, khutbah gerhana , khotbah nikah dan khotbah wukuf di Arafah. Apabila khotbah sedang dikhotbahkan, para jamaah harus mendengarkan dan menyimak dengan khitmat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget taufik. Kerrreeennn

      Hapus
    2. Muhamad Rizky
      XI OTKP 6
      1.) Dengan adanya penyebran covid 19 ini kita diwabjibkan stay at home untuk memutus rantai penyeberan covid 19 ini dengan social distanciny,jaga jarak,menggunakan masker ketika keluar rumah,berjemeur ketika jam 10 agar virus tidak menempel di tubuh kita,dan dengan adanya stay at home ini kita bisa lebih banyak bersama keluarga.
      2) Maksud KHUTBAH atau KHOTBAH adalah ceramah atau pun pidato yang disampaikan di hadapan sejumlah umat yang berdasar pada ketentuan rukun dan syarat tertentu. Substansi atau isi dari khutbah ini bisa peringatan, nasehat, pembelajaran dan lain sebagainya.
      Pembahasan
      Dalam agama islam, dikenal sejumlah Khutbah antara lain:
      Khutbah Shalat Jumat.
      Khutbah saat idul fitri.
      Khutbah saat idul adha.
      Khutbah Istisqa’.
      Khutbah shalat Khusuf dan Kusuf.
      Adapun rukun khutbah antara lain sebagai berikut:
      Mengucapkan puji-pujian kepada Allah SWT (bacaan tahmid)
      Mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW
      Mengucapkan dua kalimat syahadat
      Berwasiat atau pun menasehati para jamaah mengenai ketawakwaan serta hal-hal lain yang dianggap relevan
      Membaca ayat-ayat Quran baik itu pada awal atau akhir khutbah
      Membaca doa untuk semua umat muslim yakni mukmin dan mukminat

      Hapus
    3. Luar biasa.. kerreen muhammad rizky

      Hapus
  11. Rima Efendi 11 otkp 6
    1.tinggal di rumah adalah upaya termudah namun efektif dalam meredam kecepatan penularan Covid-19.Dengan semakin sedikitnya orang berkegiatan di luar rumah maka otomatis akan semakin sedikit peluang orang bertemu atau kontak dengan orang yang terinfeksi.
    2.KHUTBAH atau KHOTBAH adalah ceramah atau pun pidato yang disampaikan di hadapan sejumlah umat yang berdasar pada ketentuan rukun dan syarat tertentu. Substansi atau isi dari khutbah ini bisa peringatan, nasehat, pembelajaran dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  12. Larisma sulistiawati
    Otkp 6

    1.Dengan berdiam diri dirumah merupakan tindakan yang dapat mengurangi penularan karna Covid-19 semakin sedikit orang yang melakukan aktifitas atau kegiatan semakin sedikit pula orang yang akan terkena penularan Covid-19.Berdiam diri dirumah juga bisa bisa melakukan hal hal positih
    2.Khotbah adalah berpidato pada rangkaian shalat Jumat yang berisi menyampaikan pesan tentang bertakwa kepada Allah SWT. Dengan syarat-syarat tertentu dan menyampaikan pesan pada banyak orang dengan maksud baik. Umumnya berisi ajaran benar dan melarang melakukan yang salah.

    BalasHapus
  13. Muhammad Aldi Otkp 8
    1. Diam diri dirumahh adalah tindakan upaya mudah untuk memutus penularan virus covid 19, tinggalkan hal hal yang tidak penting jauhi dari kerumunan insha allah virus ini tidak dapat menular pada kita

    2. Khutbah adalahh orang yang suka menyampaikan pesan ajaran islam yang di sampaikan kepada jamaah salat jumat

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Reni apriyani Xl otkp7

    1.diem di rumah adalah caran untuk memutuskan penularan/penyebaran wabah covid-19.Tiada orang yang pada saat musim wabah tha’un melanda dan dia berdiam diri di negaranya dengan sabar dan beribadah kepada Allah, meyakini bahwa dia tidak akan terkena suatu bencana kecuali atas takdir Allah atas dirinya, maka dia akan dicatat mendapatkan pahala orang syahid,

    2.khutbah adalah pidato yang berisi tentang ajakan/himbawan,seruan untuk mengajak ke jalan yng lebih benar

    BalasHapus
  16. Alya Yuliana XI Otkp 8

    1.Untuk menanggulangi virus corona atau COVID-19, pemerintah telah mengimbau kepada masyarakat untuk belajar, beribadah dan bekerja di rumah atau Work From Home (WFH),kita harus mengikuti anjuran pemerintah, dengan seperti itu kita bisa memutus rantai penyebaran vorus corona, tanpa disadari kita telah menyelamatkan ribuan orang.

    2.Khutbah,secara harfiah berarti ceramah atau pidato. Dalam fikih, khotbah diartikan dengan pidato dari seorang khotib yang diucapkan di depan jamaahsebelum shalat jum’at atau setelah shalat Id. Khutbah berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT,Khutbah yang ada dalam agama Islam seperti khotbah idul fitri, khutbah iedul adha, khotbah jum’at, khutbah gerhana , khotbah nikah dan khotbah wukuf di Arafah. Apabila khotbah sedang dikhotbahkan, para jamaah harus mendengarkan dan menyimak dengan khitmat.

    BalasHapus
  17. Nama:Debi Amalia Rinjani
    Kls:Xl Otkp 5
    Jawaban:
    1.Dengan cara diam di rumah kita dapat menghindari penyebaran virus covid-19 dan merupakan salah satu prilaku yabg sangat baik karena kita dapat menjaga jarak dengan orang²di sekitar kita.

    2.Khotbah berarti ceramah atau pidato, khotbah di artikan dengan pidato dari seorang khotib yang di ucapkan di despan jamaah sebelum solat jum'at atau setelah solat, khotbah berisi tentanga nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada allah swt.

    BalasHapus
  18. Nama:Debi Amalia Rinjani
    Kls:Xl Otkp 5
    Jawaban:
    1.Dengan cara diam di rumah kita dapat menghindari penyebaran virus covid-19 dan merupakan salah satu prilaku yabg sangat baik karena kita dapat menjaga jarak dengan orang²di sekitar kita.

    2.Khotbah berarti ceramah atau pidato, khotbah di artikan dengan pidato dari seorang khotib yang di ucapkan di despan jamaah sebelum solat jum'at atau setelah solat, khotbah berisi tentanga nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada allah swt.

    BalasHapus
  19. Nama:Debi Amalia Rinjani
    Kls:Xl Otkp 5
    Jawaban:
    1.Dengan cara diam di rumah kita dapat menghindari penyebaran virus covid-19 dan merupakan salah satu prilaku yabg sangat baik karena kita dapat menjaga jarak dengan orang²di sekitar kita.

    2.Khotbah berarti ceramah atau pidato, khotbah di artikan dengan pidato dari seorang khotib yang di ucapkan di despan jamaah sebelum solat jum'at atau setelah solat, khotbah berisi tentanga nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada allah swt.

    BalasHapus
  20. Meta Ainanda XI OTKP 5

    1. Kita tetap diam dirumah agar kita bisa terhindar dari covid-19 untuk menghindari penyebaran covid-19 juga sebaiknya menghindari keramaian dan jaga jarak fisik dengan orang sekitar.
    2. Khutbah adalah ceramah yang disampaikan dihadapan sejumlah umat yang berdasarkan pada ketentuan rukun dan syarat tertentu.

    BalasHapus
  21. Dian safitri XI otkp 5 hadir

    1. Dengan kita tetap Diam di rumah maka kita dapat menghindari penyebaran virus covid-19.Dan kita juga harus bisa menjaga jarak dan harus rajin cuci tangan dan tinggalkan hal yg tidak penting seperti berpergian keluar rumah hanya karna untuk bermain-main dan jauhi dari keramaian dan insya Allah virus tidak akan tertular pada kita.

    2. Khutbah merupakan kegiatan berdakwah atau mengajak orang lain untuk meningkatkan kualitas takwa dan memberi nasihat yang isinya merupakan ajaran agama.

    BalasHapus
  22. Nama: NADIA NIRWANA SARI
    Kls:XI OTKP6

    1.Karena adanya pandemik covid-19 atau bisa dibilang Corona kita harus berdiam diri di rumah agar menghindari penyebaran rantai virus yang mematikan ini karna pada dasarnya lebih baik mencegah dari pada mengobati hindari keramaian dan jaga jarak fisik terutama jaga kebersihan
    2.Khutbah secara harfiah berarti ceramah atau pidato.dalam fikih, khotbah diartikan Dengan pidato dari seorang Khotib yang diucapkan didepan jamaah sebelum solat Jum'at atau setelah solat id.khutbah berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum
    Nama : fina tania
    Kelas : XI otkp 6

    1. Dengan stay at home kita dapat membantu mengurangi bertambahnya korban penyebaran virus corona yg sedang merajalela di bumi kita ini, Selama berada dirumah pun kita dapat lebih banyak waktu untuk bersama keluarga, dan lebih tepatnya ketika kita berada dalam keadaan situasi yang seperti ini lebih baik ketika kita berada dirumah lebih mendekatkan diri lagi sama allah,dan terus memohon pertolongan kepada allah swt agar virus tersebut dihidarkan dari diri kita,terutama seluruh rakyat indonesia.
    2. Khutbah merupakan ceramah atau pidato yang mengandung hal hal positif yang dapat terus mengingatkan dan menambah ketakwaan kita terhadap allah swt,selain itu khutbah juga memiliki fungsi yang sangat baik seperti menambah ilmu,mengingatkan untuk bersyukur kepada allah swt atas semua nikmatnya, mendoakan semua orang dan insyaallah mendapatkan pahala dari allah swt.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Assalamualaiku
    Ayang Oktapiani
    Kelas XI OTKP 5

    1. Berarti dengan diam diri dirumah kita telah membantu untuk mengurangi atau menghentikan rantai penyebaran virus Covid-19. Virus tersebut bisa menyebar ke orang lain melalui sentuhan ataupun barang yang pernah dipegang oleh pengidap infeksi Covid-19, dengan dirumah kita mengamankan diri dari kontak langsung dengan orang lain dan rantai penyebaran corona pun berkurang atau bahkan bisa terhenti. Dan dengan diam dirumah secara tidak sadar kita dapat lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

    2. Dengan adanya khutbah kita dapat tetap bertaqwa kepada allah swt.Dan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan tentang agama.

    BalasHapus
  26. Assalamualaiku
    Ayang Oktapiani
    Kelas XI OTKP 5

    1. Berarti dengan diam diri dirumah kita telah membantu untuk mengurangi atau menghentikan rantai penyebaran virus Covid-19. Virus tersebut bisa menyebar ke orang lain melalui sentuhan ataupun barang yang pernah dipegang oleh pengidap infeksi Covid-19, dengan dirumah kita mengamankan diri dari kontak langsung dengan orang lain dan rantai penyebaran corona pun berkurang atau bahkan bisa terhenti. Dan dengan diam dirumah secara tidak sadar kita dapat lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

    2. Dengan adanya khutbah kita dapat tetap bertaqwa kepada allah swt.Dan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan tentang agama.

    BalasHapus
  27. Asalamualaikum
    Nama: fera khairani
    Kls: XI otkp 8

    1. Dengan berdiamnya kita di rumah kita dapat membantu mengurangi penyebaran virus corona, dan jga menghindari dari virus tersebut. Maka sebaiknya kita ttp berdiam di rumah saja karna situasi seperti ini kita lebih baik diam di rumh dan tersu memohon perlindungan ke pada allah swt. Dan selama berada di rumh pun kitaa harus tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah.

    2. Khutbah, secara harfiah berarti ceramah atau pidato. Dalam fikih, khotbah diartikan dengan pidato dari seorang khotib yang diucapkan di depan jamaah sebelum shalat jum’at atau setelah shalat Id. Khutbah berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT.
    Khutbah yang ada dalam agama Islam seperti khotbah idul fitri, khutbah iedul adha, khotbah jum’at, khutbah gerhana , khotbah nikah dan khotbah wukuf di Arafah. Apabila khotbah sedang dikhotbahkan, para jamaah harus mendengarkan dan menyimak dengan khitmat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm fera khairani.. bagus pendapatnya... goood

      Hapus
  28. Nama:Riska Amanda Lestari
    Kelas:XI Otkp5

    1.Dengan kita tetap diam di rumah kita bisa terhindar dari covid19 dan kita bisa mengurangi penyebaran covid19 dengan cara diam di rumah. Selama di rumah kita lebih dekat dengan keluarga, agar terhindar dari covid19 kita harus mengikuti aturan yang sudah di berlakukan oleh pemerintah.
    2.Khutbah merupakan kegiatan berdakwah atau mengajak orang lain untuk menguatkan keimanan kita kepada ALLAH SWT..

    BalasHapus
  29. Nama: Bimby M ZIMOT
    Kelas: XI OTKP 8

    1. Di tengah pandemi virus corona Covid-19, orang-orang disarankan mengisolasi diri di rumah untuk mencegah penyebaran dan penularan lebih luas.

    Apalagi jika Anda termasuk kategori orang yang rentan sakit dan terserang virus corona Covid-19, seperti lansia, punya penyakit bawaan dan masih terlalu muda.

    Dengan sosial distancing/ berdiam dirumah aja anda bisa mencegah penyebaran virus ini lebih banyak dan sangat membantu pemerintah.

    2. Khutbah merupakan proses penyampaian informasi tentang keagamaan Islam. Khutbah juga berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT. Khutbah dilakukan pada,solat Jum'at,solat idul Fitri,solat idul Adha,solat Istiqo,wukuf,dan nikah.

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum...
    Gita alima sabri
    Xl-Otkp 8
    Jawabanya :
    1.Dengan cara diam di rumah kita dapat menghindari penyebaran virus covid-19 dan merupakan salah satu prilaku yg sangat baik karena kita dapat menjaga jarak dengan orang²di sekitar kita,mengurangi populasi,memiliki banyak waktu untuk hobi, dan memiliki waktu banyak sama keluarga.

    2. Khutbah merupakan merupakan ceramah/pidato tentang keagamaan islam. Adanya khutbah mampu membingbing manusia menuju cahaya syariat islam. Khutbah dilakukan pada sholat jumat, sholat idul fitri dan sholat idul adha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm...bagus banget gita alima....siiip

      Hapus
  31. Muhammad Rifky Hidayat XI otkp 5

    1.Karena sangat penting untuk memerangi pandemi COVID-19, khususnya selama belum ada vaksin yang berhasil ditemukan seperti saat ini. Kita harus melakukan segala upaya untuk sebisa mungkin menjaga jarak secara fisik untuk melindungi diri dan orang lain dari infeksi virus corona.

    2.Khutbah merupakan merupakan ceramah/pidato tentang keagamaan islam. Adanya khutbah mampu membingbing manusia menuju cahaya syariat islam. Khutbah dilakukan pada sholat jumat, sholat idul fitri dan sholat

    BalasHapus
  32. Nama:Debi Amalia Rinjani
    Kls:Xl Otkp 5
    Jawaban:
    1.Dengan cara diam di rumah kita dapat menghindari penyebaran virus covid-19 dan merupakan salah satu prilaku yabg sangat baik karena kita dapat menjaga jarak dengan orang²di sekitar kita.

    2.Khotbah berarti ceramah atau pidato, khotbah di artikan dengan pidato dari seorang khotib yang di ucapkan di despan jamaah sebelum solat jum'at atau setelah solat, khotbah berisi tentanga nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada allah swt.

    BalasHapus
  33. Nama :zilda febriani
    Kelas : 11 otkp 7
    1 . Cara menghindari penyebaran covid 19 ini dengan cara mulai dari sekarang kita harus berdiam diri di rumah, dan kalaupun akan beraktivitas di luar ruangan jangan lupa gunakan masker dan sesudah beraktivitas jangan lupa cuci tangan atau gunakan hand sanitizer kalau ada . Ya intinya kita harus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan jangan tinggalkan solat dan harus sering berdoa memohon agar kita terhindar dari segala wabah penyakit ini aamiin allahumma aamiin
    2.Khutbah, secara harfiah berarti ceramah atau pidato. Dalam fikih, khotbah diartikan dengan pidato dari seorang khotib yang diucapkan di depan jamaahsebelum shalat jum’at atau setelah shalat Id. Khutbah berisi tentang nasihat-nasihat guna mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    Khutbah yang ada dalam agama Islam seperti khotbah idul fitri, khutbah iedul adha, khotbah jum’at, khutbah gerhana , khotbah nikah dan khotbah wukuf di Arafah. Apabila khotbah sedang dikhotbahkan, para jamaah harus mendengarkan dan menyimak dengan khitmat.

    BalasHapus