Minggu, 10 Mei 2020

SELASA 12 MEI 2020
 MATERI PAI KLS XI SMK NUANSA.
 ASSALAMUALAIKUM WRWB....
Alhamdulillah, kita bertemu kembali di bulan mulia; Ramadhan 1441 H. Dan kini kita telah melewati separuh bulan suci ini. Semoga ibadah yang telah kita lakukan; baik ibadah individual maupun ibadah sosial, menjadi ibadah yang maqbul dan mabrur. Umat kini sedang menantikan datangnya malam Lailatul Qadr. Malam penuh keberkahan yang bernilai lebih baik dari seribu bulan. Seribu bulan? Ya luar biasa. Malam yang setara bahkan lebih baik dari 83 tahun. Karena itulah, kaum muslimin di seluruh dunia kini menantikan datangnya malam qadr tersebut.
Apakah itu Lailatul Qadr? Malam Qadr. Menurut Quraish Shihab dalam bukunya Membumikan Al-Qur’an, kata qadr memiliki tiga arti. Yaitu penetapan dan pengaturan, kemuliaan dan sempit. Lailatul Qadr yang berarti malam penetapan/pengaturan dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Melalui malam ini Allah menetepkan strategi bagi Nabi Muhammad S.A.W untuk mengajak manusia kepada agama yang benar. Lailatul Qadr yang berarti malam kemuliaan, karena pada itu merupakan malam yang tiada bandingannya. Pada malam itulah Al-Qur’an diturunkan yang menjadi titik tolak dari segala kemuliaan yang diraih. Sementara, Lailatul Qadr diartikan malam yang sempit, karena malam itu banyak malaikat yang turun ke bumi. Seperti tergambar dalam ayat 4 surat Al-Qadr/97: “Pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Malakat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”.
Lalu kapan malam Lailatul Qadr datang? Apa tanda-tandanya? Malam Lailatul Qadr menurut satu riwayat terjadi hanya sekali, ketika Al-Qur’an turun. Setelahnya tidak ada lagi. Namun menurut riwayat mayoritas sebagaimana ditunjang oleh banyak dalil, malam Lailatul Qadr ini turun setiap tahun. Ya, setiap Ramadhan ada malam Lailatul Qadr. Inilah yang menyemangati kita. Pada malam keberapa datangnya? Ini rahasia Allah S.W.T. Hanya Ia yang tahu. Namun Rasulullah mengisyaratkan dalam beberapa hadits bahwa malam Lailatul Qadr akan turun pada malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Yaitu tanggal 21, 23, 25, 27 atau tanggal 29 Ramadhan. Sebagaimana sabdanya:“Carilah malam malam Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil pada sepuluh malam terakhir.” (Muttafaqun ‘alaih). Mengapa dirahasiakan? Hikmahnya tentu agar umat beribadah penuh setiap malam. Inilah spirit Lailatul Qadr. Kita harus mengintainya setiap malam. Ketika bertepatan dengan hadirnya malam mulia tersebut, di sinilah ibadah kita dinilai sebagai ibadah yang lebih baik dari ibadah seribu bulan. Luar biasa bukan?
Lantas apa tanda-tanda datangnya Lailatul Qadr? Banyak cerita orang mengaku telah menemukan malam Lailatul Qadr.Mungkin yang bersangkutan menemukan ciri-ciri fisik malam tersebut. Membekunya air, heningnya malam, merunduknya pepohonan, tidak hujan atau panas pada sore harinya bisa jadi menjadi salah satu tanda. Namun yang demikian tidak memiliki hujjah yang cukup kuat. Boleh jadi ini merupakan pengalaman spiritual seseorang yang membekas pada hatinya, sehingga malam tersebut terasa sangat spesial baginya. Namun ini belum tentu tanda bahwa ia berjumpa Lailatul Qadr. Tanda yang nyata bahwa seseorang mendapati malam Lailatul Qadr adalah adanya ketentraman jiwa, kematangan spiritual dan perubahan sikap ke arah yang lebih baik. Ini tanda-tanda yang disepakati oleh banyak ulama. Ketika seseorang beribadah sungguh pada malam itu, kemudian setelahnya terjadi perubahan besar pada dirinya menjadi lebih baik, maka diyakini orang tersebut telah bertemu malam Lailatul Qadr.
Keistimewaan malam Lailatur Qadr? Banyak referensi yang telah membedah keistimewaan malam Lailatul Qadr. Berikut ini, penulis mengetengahkan kembali di antara keunikan malam mulia tersebut.
Pertama, diturunkannya Al-Qur’an
Allah telah menurunkan Al-Qur’an sekaligus pada malam Qadr. Dari Baitul Izzah ke langit dunia. Malam yang luar biasa. Dari langit dunia, diturunkan secara berangsur kepada Nabi Muhammad S.A.W. Waktu pertama turunnya ini disebut dengan Nuzulul Qur’an. Demikian dijelaskan dalam Al-Qur’an. “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). “Q.S. Al-Baqarah/2:185.
Kedua, lebih baik dari seribu bulan
Sebagaimana firman-Nya: “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”. Q.S. Al-Qadr/97:3. Menurut sejarah malam Lailatul Qadr berawal dari kekaguman para sahabat ketika Rasulullah bercerita tentang kehebatan ibadah beberapa orang Bani Israil. Ada 4 orang saleh yang beribadah selama 80 tahun tanpa putus. Rasulullah sangat tertarik. Namun beliau pesimis, karena umur umat ini pendek, tidak sepanjang usia umat terdahulu. Selanjutnya, Malaikat Jibril memberikan kabar gembira, bahwa umat Nabi Muhammad S.A.W bisa menandingi ibadah orang saleh tersebut bila ia menemukan malam Lailatul Qadr. Kisah ini diceritakan dalam tafsir Ibnu Katsir juz 8. Dengan demikian, kita kini mendapat kesempatan untuk bisa memperoleh nilai ibadah bahkan melebihi dari seribu bulan/83 tahun bila kita berhasil menjumpai malam Lailatul Qadr. Jadi, mari sambutlah kehadirannya.
Ketiga, para malaikat turun ke bumi
Keistimewaan malam Lailatul Qadr ditandai juga dengan turunnya para malaikat ke bumi termasuk Malaikat Jibril. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam firmannya: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” Q.S. Al-Qadr/97:4. Pada malam Lailatul Qadr para malaikat turun berduyun-duyun ke bumi. Malaikat yang membisikkan kebaikan kepada seseorang turun pada malam itu. Ia menemui orang-orang yang telah mempersiapkan dirinya untuk menyambut malam Lailatul Qadr. Lalu jiwanya merasakan ketenteraman sehingga terdorong untuk meakukan kebaikan-kebaikan. Demikian dijelaskan oleh M. Quraish Shihab.
Ke-empat, yang menghidupkannya akan diampuni
Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menegakkan lailatul qodar karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". Shaheh Bukhari No. 34. Tiada doa yang paling utama, selain doa minta diampuni dosa. Bila doa telah diampuni oleh Allah, maka semua urusan selesai. Pintu surga terbuka lebar. Tentunya dosa kita yang langsung terhadap Allah, selain dosa syirik; menyekutukannya. Untuk dosa syirik, harus melalui taubat yang sungguh-sungguh. Bagaimana kesalahan kita terhadap sesama? Hal ini Allah tidak akan mengampuni langsung, kecuali kita harus meminta ridha dari sesama tersebut. Oleh karena itu, mari nantikan kehadiran malam Lailatul Qadr, agar Allah memaafkan segala dosa dan kesalahan yang kita perbuat.
Ke-lima, malam keberkahan
Malam Lailatul Qadr juga merupakan keberkahan. Disebut sebagai malam penuh keberkahan karena pada saat lailatul qadar, para malaikat diutus oleh Allah S.W.T untuk turun ke bumi dan membagi-bagikan rahmat serta keberkahan bagi manusia yang beribadah dengan sungguh-sungguh di malam itu. Sebagaimana firman-Nya:“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami.  Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Al-Dukhan/44: 3-5). Malam Lailatul Qadr  berarti malam dilimpahkannya kebaikan bagi orang-orang beriman. Berkah atau barokah artinya langgengnya kebaikan. Menurut Imam Al-Ghazali berkah artinya bertambahnya kebaikan. Segala sesuatu yang melimpah, baik secara materil maupun spiritual.
Inilah di antara keistimewaan Lailatul Qadr. Sambutlah dengan lebih dahulu menyucikan jiwa. Sebagaimana Lailatul Qadr pertama kali, hadir setelah Rasulullah menyepi, merenung hingga mencapai puncak kesucian. Maka datanglah Ar-Ruh (Jibril) membawa wahyu pertama. Rasulullah mencontohkannya dengan memperbanyak I’tikaf pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan ini. Semoga kita berhasil mendapatkannya, diri menjadi suci, bersih dengan berkah melimpah serta memperoleh nilai ibadah seribu bulan. Spirit Lailatul Qadr terus hidupkan.

44 komentar:

  1. Absen disini.
    Kalo ada yg mau bertanya silahkan disini.
    Yg banyak brtanya berarti nilai nambah..

    BalasHapus
  2. Fitri andini Shabrilah bugis Xl otkp 6 hadir pak

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum pak, fitri mau bertanya
    1. Kenapa dinamakan malam lailatul qadar?

    2. Apa yang diucapkan saat bertemu malam lailatul qadar?

    3.apa amalan - amalan untuk malam lailatul qadar?

    Terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik fitri. Bagus banget pertanyaannya.insya allah bp jawab...
      1. Karna malam itu.malam kemuliaan sehingga disebutlah lailatul qodar.
      2. Perbanyak istigfar.tahlil.tasbih.tahmid..dan ibadah2 yg lainnya..
      3. Beristigfar kpd allah. Dan ibadah sunnah lainnya.
      Wallahu a'lam bisshowab.

      Hapus
  4. Assalamualaikum bapak fawadz mau bertanya nih,hal hal apa saja yang harus kita lakukan di malam Lailatul Qadar ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm. Baik bp jawab.
      Memperbanyak istigfar kpd allah swt dan melaksanakan ibadah lainnya sprti biasa.
      Wallahu a'lam bisshowab

      Hapus
  5. Nama : novia dwi aryani
    Kelas : XI otkp 8
    Pertanyaan yang saya ingin tanyakan kepada bapak.
    1. Waktu turunnya Lailatul Qadar, apakah dari masuknya waktu magrib sampai masuknya subuh atau setelah bangun dari tidur di 1/3 malam yang akhir ?
    2. Yang mendapatkan Lailatul Qadar adalah, hanya untuk orang yg melakukan ibadah/amal sejak awal ramadhan saja atau setiap orang yang melakukan ibadah/amal pada malam itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok novia.
      Bagus banget pertanyaannya.
      Insya allah bp jawab.
      1. Kebanyakan mengatakan kt laelun berati malam..jd lailatul qodar sudah masuk malam itu..kita berpndapat bahwa malam itu seperiga malam...
      2. Ulama bnyk katakan.. org2 pilihan allah yg mndapatkan lailatul qodar. Tp tentunya kita raih dg itikap dimasjid .insya allah akan mndapatkan lailatul qodar itu.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
  6. Muhamad Rizky XI OTKP 6
    Pa Iki mau tanya apakah malam Lailatul Qadar itu?jelaskan singkat saja pak dan amalan saja yg harus di lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik iki.
      Bagus pertanyaannya.
      Insya allah bp jawab.
      Malam lailatul qodar adalah malam yg lebih baik dr seribu bulan.knp?..karna pd mlm itu allah tumpahkan keberkahan dan kebaikan.pahalapun dilipat gandakan.
      Amalannya adalah perbanyak istigfar.takbir.tasbih.tahmid dan lainnya. Insya allah kita termasuk org yg beruntung mndptkn lailatul qodar. Aamiin.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
  7. Balasan
    1. Ok novita.
      Pertanyaannya mana.
      Bp pingin ditanya nih ......

      Hapus
  8. Nama :Taufik Hidayatullah
    Kelas :Xl OTKP 8

    Assalamualaikum.Mau bertanya pa
    1.Kenapa sehingga dinamakan malam lailatul qadar?
    2.Apakah betul pada malam lailatul qadar air laut menjadi tawar dan anjing tidak menggonggong?
    3.Apa saja Manfaat dan kelebihan malam Lailatul Qadar
    4.Apa tanda-tanda atau ciri datangnya malam Lailatul Qadar?
    5.Bagaimana caranya agar mendapatkan lailatul qadar?
    6.Apa tandanya kita telah mendapatkan lailatul qadar?
    7.malam lailatul qadar berakhir pada waktu kapan?
    8.apakah dosa? atau dosa apakah yang kita dapat ketika malam lailatul qadar kita hanya diam tidak melakukan ibadah apapun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok taufik.
      Bagus banget pertanyaannya.
      1. Karna malam itu penuh kemuliaan dan keberkahan jd lah disebut malam lailatul qodar.
      2. Betul itu salah satu tanda malam lailatul qodar. Yg ada keindahan dan kenyamanan dimalam itu. Tida ada suara anjing sm skli.
      3. Tentunya org yg ktmu dg lailatul qodar lebih baik dr 1000 bulan... dia mndpt keberkahn dan kemuliaan.
      4. Cari di akhir bulan terutama diganjil. 21.23.25.27.29. Ciri yg brupa fidik:heningnya mlm.indahnya langit.merdunya suara alam.segernya udara.nikmatnya badan.indaaah keseluruhn alm pd mlm itu.
      5. Harus diraih dg beri tikaf dimasjid terutama dimalm ganjil akhir bulan.
      6. Tanda org yg mndapatkan lailatul qodar adalah org itu mnjadi lebih baik dr sblmnya insya allah lbih dkt dg allah .intinya mnjadi hmba yg sholeh.
      7. Betakhir mnjlng fajar.
      8. Merugilah kita .klo hnya diam sj ..ttpi allah akn getakan diri kita klo kt trmasuk org yg etintung. Mk raihlah dg sllu istigfar kpd allah swt.
      Mudah2n kita trmasuk org yg beruntung mndptkan mlm lailatul qodar. Aamiin.
      WALLAHU A LAM BISSHOWAB

      Hapus
    2. AAmiin ya allah ya robal alamiin makasih pa atas jawabannya

      Hapus
  9. Dita Maziyatul Aulia, XI OTKP 6. Hadir pak

    BalasHapus
  10. Nama : Dita Maziyatul Aulia
    Kelas : XI OTKP 6

    Pertanyaan :
    Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadr?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik dita.
      Bagus pertanyaannya.
      Raih mlm lailatul qodar dimlm ganjil akhir bulan itu pndapt bnyk ulama. Tanda dtngnya lailtul qodr itu hati tenang.nyaman.alam indah.suasana hening.angin seger.pokonya nikmat pd mlm itu.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
  11. Dian Safitri XI otkp 5 hadir

    Assalamualaikum pak dian mau nanya..
    1.kenapa harus di namakan malam Lailatul Qadar?
    2.Terus juga apa yang di ucapkan saat bertemu/berjumpa malm Lailatul Qadar?
    3.Terus kenapa malm Lailatul Qadar harus di turun kan di malm2 yg ganjil?
    4.Dan apakah keistimewaan dari malam Lailatul Qadar dan Nuzulul Qur'an?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm. Ok dian.
      Insya allah bp jawab.
      1. Krna pd mlm itu penuh kemuliaan dan keberkahan.
      2. Beristigfar. Takbir. Tahmid. Tasbih dan ibadah lainnya.
      3. Karna itu rahasia allah.tp hadis bnyk yg mngtkn biasanya lailatul qodr turun dimlm2 ganjil... itu lah rahasia allah.
      4. Lailatul qodr itu mlm yg lbih baik dr seribu bulan.yg mn didalambya penuh keberkahan dan kemuliaan. Klo nuzulul quran itu diturunkannya al quran. Dua2nya begitu istimewa.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
  12. Mella Destiana.M otkp7 hadir pak

    BalasHapus
  13. Nurul Annisa XI otkp 5

    1. Mengapa Lailatul Qadar disebut dengan malam 1000 bulan??
    2. Apa arti nama dari Lailatul???
    3. Mengapa malam Lailatul Qadar sangat dirahasiakan???
    4. Didalam kejadian ada kelebihan dan kekurangan masing-masing,didalam kejadian malam Lailatul Qadar ini adakah kekurangan dan kelebihan nya?????
    5. Memanfaatkan waktu untuk melakukan amalan² dibulan Ramadan sangatlah mudah jika dibarengi oleh niat,apakah seseorang mendapatkan keberkahan jika seseorang itu melakukan amalan itu dgn rasa terpaksa cmn karena ingin mendapatkan atau merasakan keistimewaan dari malam Lailatul Qadar???
    Terima kasih pa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok nurul.
      Baik bp jawab pertanyaannya.
      1. Karna pd mlm itu turun berbondong2 malaikat. Lihat dlm surat al qodar.
      2. Lailatul dr kt laelun artinya malam. Lailatul qodar berarti malam kemuliaan.
      3. Karna allah pingin melihat usaha dan ikhtiar hambanya dalm beribadah. Sehingga allah rahasiakan turunnya lailtul qodr.
      4. Tidak ada kekurangan pd mlm lailatul qodr.yg ada hanya kelebihan dan keistimewaan saja. Beruntung org mndptkan lailatul qodr.
      5. Innamal a malu binniyat. Ttpi dlm konteks pendidikan tdk jd msalah mengawali krna keterpaksaan sehingga akan mnjdi kebiasaan klo sdh trbiasa akn timbul ke ikhlasan.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
    2. Makasih pa atas jawabannya:)

      Hapus
  14. Meta Ainanda XI OTKP 5

    Assalamualaikum pak, pertanyaan nya:
    1. Mengapa dinamakan malam Lailatul Qadar?
    2. Mengapa malam Lailatul qodar harus diturunkan malam yang ganjil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm...
      Ok meta.
      1. Krna pd mlm itu penuh dg keberkahan dan kemuliaan jd disebut lailatul qodr
      2. Itu rahasia allah. Turun nya lailatul qodr.. tp kebnykn turunnya diganjil akhir bulan 21.23.25.27.29.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
  15. Vida putri xi otkp 5 hadir paa

    BalasHapus
  16. Nama : Larisma sulistiawati
    Kelas : Otkp6
    Pak risma mau tanya
    1.Apa yang bisa diperlakukan dan hikmah pada saat malam lailatul qodar?
    2.Bagaimana Caranya agar kita mendapatkan malam lailatul Qodar?
    3.Apa yang diperoleh orang yang mendapatkan malam lailatul qadar?
    4.Apa keutamaan Malam lailatul qadr?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik larisma.
      Bagus pertanyaannya.
      1. Hikmahnya tentu kita akan mnjdi org yg lbih baik lg.akn mnjdi org sholeh
      2. Raih dg itikaf dimasjid terutama dimlm ganjil akhir akhir.21.23.25.27.29
      3. Pasti berkah hidupnya
      4. Keutamaannya mlm yg lebih baik dr seribu bulan.didalmnya penuh keberkahan dan kemuliaan.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
  17. siti munawaroh 11 otkp 6
    pertanyaan saya apa saja syarat jika ingin bertemu dengan Lailatul qadar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok siti.
      Bagus pertanyaannya.
      Niat yg kuat.
      Raih dg i tikaf dimasjid ataw bangun terus tiap mlm untuk beribadah istigfar takbir dn lainnya terutama di mlm ganjil.
      Wallahu a lam bisshowab

      Hapus
  18. Assalamualaikum,
    Ayang Oktapiani
    XI OTKP 5

    Bapak aku mau tanya,
    1. Apa yang harus kita ucapkan jika bertemu dengan malam lailatul qadar?
    2. Apa kita bisa mendapatkan lailatul qadar jika hanya sholat dirumah?
    3. Hadis yang tepat menjelaskan datangnya malam lailatul wadar?
    4. Banyak kemuliaan yang diterima di malam lailatul qadar, apa kemuliaan yang paling berharga saat datangnya malam lailatul qadar?
    5. Nasihat apa yang ingin bapak sampaikan untuk kami siswa/siswi Smk Nuansa tentang malam lailatul qadar?

    BalasHapus
  19. Waalaikumslm....
    Iya ayang.
    Bagus pertanyaannya.
    1. Syukur pd allah. Dan tak henti2nya mulut kita beristigfar pd allah swt.
    2. Pasti n bisa walaupun dirumah.. yg pnting kita lg beribadah.beristigfar kpd allah.
    3. Banyak hadis ada disohih bukhori.
    4. Kemuliaan yg berharga adalah mahkota muttaqin
    5. Nasihat bp:
    - raih lailatul qodr dg selalu tiap mlm beri tikaf terutama di mlm ganjil
    - Luruskan niat dg yg baik.

    Wallahu a lam bisshowab

    BalasHapus